Monday, March 21, 2011

Saatnya Bergerak....! (Part 2-selesai)

Aku sendiri tertarik lebih dulu untuk dapat masuk ke Rohani Islam (Rohis) jika memasuki suatu kampus. Ya...tidak lain karena diri ini ingin terbekali dan terbentengi dengan pengetahuan agama yang memadai. Dalam Rohis aku belajar komitmen, belajar amanah terhadap tugas dan kewajiban yang diberikan, memahami dan menghargai orang lain dan senantiasa sabar dan syukur dalam setiap situasi. Di sini aku juga belajar bagaimana untuk profesional dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Ikhlas dalam menjalaninya karena memang tujuannya hanya untuk Allah swt semata.

Hal terpenting yang ada dalam Rohis adalah program mentoring atau halaqah. Disini amalan dan keseharian kita dievaluasi oleh mentor atau murobbi. Dari sinilah biasanya pembiasaan amalan-amalan yaumiyah sesuai sunnah dilakukan. Bukan sebagai ajang pamer amal, melainkan sebagai sarana untuk berlomba - lomba dalam beramal baik dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Kelompok mentoring merupakan keluarga kedua setelah keluarga kandung terutama untuk mereka yang jauh dari orang tua. Saling mengenal lebih dekat, berbagi cerita suka dan duka, tolong menolong dan saling mengingatkan satu sama lain, hal - hal ini diterapkan dalam rangka menjadi pribadi yang semakin baik dari hari ke hari.
Sejalan dengan keikutsertaan di Rohis sebagai sarana untuk optimalisasi dan evaluasi diri, Mahasiswa juga aktif dalam kegiatan keilmuan dan keorganisasian yang bersifat umum. Hal ini penting, kenapa ? karena disini saatnya beramal, action atas pengetahuan yang telah didapat. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sebagainya adalah beberapa contoh kegiatan kemahasiswaan yang penting untuk diikuti. Selain itu aktifitas yang bersifat peningkatan skill seperti Seminar, Workshop dan Kompetisi juga tidak kalah penting untuk diikuti. Semua hal tadi akan menjadikan kita sebagai Mahasiswa yang Cerdas, Sholeh dan Berdayaguna sehingga eksistensi kita sebagai Mahasiswa dapat dirasakan manfaatnya baik oleh Civitas Akademika maupun masyarakat sekitar.
Sekaranglah saat yang tepat untuk mewujudkan pribadi yang berguna. Mahasiswa yang penuh arti seperti cita-cita para Pemuda pembangun Indonesia. Tidak ada lagi waktu terbuang, tersia untuk kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Harapan untuk perbaikan masih ada, masih terbentang dengan luas. Tumpuan perubahan bangsa juga masih tetap ada pada pundak pemuda. Karena itu mari bergerak, berprestasi sebanyak-banyaknya dan bekerja nyata untuk perubahan yang lebih baik.
Jadilah Aktif DAN Prestatif

==Selesai==

No comments:

Post a Comment