Sunday, January 23, 2011

Pengusaha Muda dan Mandiri, Why Not ?

Kagum dan tercengang, perasaan itu aku rasakan saat memasuki area pameran Wirausaha Mandiri di JCC Jakarta, tanggal 22 Januari 2011. Mereka begitu sangat muda dengan rata-rata usia berada di bawah usiaku. Tampak stand mereka berada di Hall depan setelah pintu masuk. Merekalah orang - orang cerdas menurutku. Orang yang pandai dan memanfaatkan kepandaiannya itu. Bagaimana tidak ? pada usia yang rata-rata masih belia, mereka mampu memberdayakan diri sendiri bahkan orang lain. Mereka memiliki visi yang jauh kedepan. Tidak hanya menjadi orang pandai di sekolah kemudian lulus mendapatkan pekerjaan, tetapi mereka memiliki tatapan bagaimana Negeri yang mereka cinta ini bisa maju dan bersaing dengan indikasi masyarakat yang makmur dan sejahtera.
Mereka melakukan langkah nyata tidak hanya omong kosong atau teriakan kencang yang tak berarti. Apa yang mereka bisa lakukan mereka lakukan sesuai dengan background dan passion masing-masing. Nyata, tidak semu atau sekedar impian. Ada langkah - langkah riil yang dilakukan untuk mewujudkan impian itu menjadi nyata.

Aku berkeliling dari stand ke stand di Area pameran ini. Semakin banyak stand yang aku lihat, semakin besar keinginan diri ini untuk mengikuti langkah yang mereka tempuh. Satu hal yang aku salut adalah dibalik kesuksesan yang mereka raih, mereka tetap memikirkan penting nya pendidikan. Ajang wirausaha mandiri ini memang diperuntukkan bagi kalangan Mahasiswa atau Alumni dengan usia dibawah 30 tahun. Jadi sudah pasti para pesertanya adalah orang yang cinta terhadap pendidikan dan bukan orang-orang yang putus sekolah.
Selama ini banyak kalangan yang menyampaikan bahwa kesuksesan tidak didapati di bangku sekolah, namun pendapat ini tidak serta merta benar. Melalui ajang dan pameran ini pikiranku terbuka bahwa pendidikan dan mental wirausaha bisa saling bersinergi membentuk seorang Pengusaha yang cerdas, tangguh dan memiliki segudang inovasi dalam karyanya. "Knowledge Never Useless, sejauh kita menuntut ilmu tersebut dengan benar", kata mas Yoris, pendiri Creative Junkies sebagai salah satu pengisi seminar di pameran ini. Tidak ada yang tidak nyambung antara pendidikan yang kita tempuh dengan bidang usaha yang kita tekuni. Ternyata ada satu sinergi yang bisa kita gali lebih dalam antara kelimuan yang kita tempuh selama kuliah dengan usaha yang kita jalani, even secara kasat mata kelihatannya jauh menyimpang. Mas yoris memberikan contoh pemilik Blue Bird, salah satu pengusaha transportasi taxi kenamaan, adalah seorang dokter. Secara mata awam tentunya kita beranggapan bahwa hal ini tidaklah nyambung antara ilmu yang dipelajari dengan kenyataan usaha yang ditekuni. Ternyata tidak, Ilmu Kedokteran yang dipelajari dimana ketelitian, kebersihan dan empati sangatlah diutamakan, menjadi pilar bisnis perusahaan taksi ini. Siapapun yang pernah naik taksi ini pasti akan memeroleh kesan nyaman, rapi, bersih dan sopan. Bahkan ketika ada barang penumpang yang ketinggalan maka Blue Bird akan mengantarkannya. Ini hanyalah satu contoh dimana knowledge tanpa kita sadari bersinergi dengan usaha yang kita jalani yang sesuai dengan passion kita.
Disamping itu satu hal yang terpenting dalam menjadi wirausaha muda adalah "Passion", sebuah impian atau cita - cita yang kita cintai dan membuat happy apabila mengerjakannya. Passion ini menjadikan kita seorang yang tangguh dan tidak mudah menyerah akan kegagalan usaha kita. Kita akan selalu beranggapan bahwa ini adalah proses pembelajaran yang akan mengantarkan kita menuju tingkat selanjutnya. Passion membuat sesuatu yang kita lakukan menjadi kesenangan dan ikhlas mengerjakannya. Akan tetapi tetap diperlukan komitmen dan disiplin dalam mewujudkan impian dan passion tersebut. Tidak ada hasil yang utuh apabila dilakukan setengah - setengah.
Itulah sebabnya pengusaha muda adalah pengusaha yang miliki jiwa yang tangguh dan tidak mudah menyerah. senantiasa berpikir bahwa bahagia orang lain adalah bahagianya. Terus mengasah kemampuan dan berinovasi menciptakan sesuatu yang lebih dan lebih. Memberdayakan yang lemah menjadi lebih kuat dan yang kuat menjadi partner untuk kesuksesan bersama. Begitu indah negeri ini jika memiliki segudang agen - agen perubahan yang siap mengantarkan negerinya menuju negeri yang indah, makmur dan sejahtera. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Dengan bismillah dan semangat yang tertancap dalam dada, InsyaAllah segela kemudahan akan diberikan Nya. Pemuda Indonesia, Kita Bisa. Kita raih kembali kejayaan negeri ini dengan semangat perubahan yang nyata.


@Lake View Kost, Tangerang City
January 23, 2010

2 comments:

  1. Iya, sejak saat itu Mas Yoris dgn presentasi singkatnya udh menyentil jiwa ini buat CARI passion diri...
    Ayo semangat sahabatku!!!

    ReplyDelete
  2. yup bener banget, go go freedom (kek MLM jadinya)

    ReplyDelete